ekorudiyanto

November 12, 2009

Kiat-kiat berpidato di depan umum

Filed under: Tip and Trik — Eko Rudiyanto @ 1:52 pm

Kiat – kiat berpidato
di depan umum

Berbicara di depan masyarakat umum menjadi suatu pekerjaan yang paling dihindari banyak orang. Alasannya, takut malu-maluin atau takut tak kuat menahan serangan demam panggung. Kian penting materi berpidato, kian gemetar badan. Berikut adalah kiat-kiat, agar tak mengalami demam panggung dan pidato pun berjalan dengan baik dan komunikatif.

• Buatlah singkat. Jangan berpidato terlalu lama, karena dapat membuat pendengar merasa bosan. Sesuaikan durasi pidato dengan konteks permasalahan.
• Buatlah sederhana. Pendengar akan menangkap satu atau dua dari ide yang Anda sampaikan. Bukan sepuluh atau duapuluh. Jika Anda tak bisa mengekspresikannya dalam satu dua kalimat, pidato akan kurang fokus.
• Bersikaplah realistis. Anda diminta berpidato karena memiliki pengalaman yang tak dimiliki oleh pendengar. Bagilah pengalaman tersebut, dan buat mereka merasakan apa yang Anda rasakan.
• Tarik perhatian khalayak. Pada menit-menit pertama berpidato, jalin hubungan dengan pendengar. Tersenyumlah atau mengangguk pada moderator. Lakukan kontak mata, dan tebar pandangan ke kanan, kiri dan tengah.
• Bicaralah, bukan membaca. Berbicara jauh lebih komunikatif ketimbang membaca. Ada baiknya menggunakan catatan kecil untuk mengingatkan apa yang akan Anda sampaikan.
• Bersikaplah rileks. Jangan terlalu sering mengambil napas dalam-dalam atau bernapas terlalu cepat. Bersikaplah santai dan bernapas sewajarnya, agar diri Anda tetap dalam keadaan tenang.

Kini, berpidato sama mudahnya dengan melangkahkan kaki. Semoga bermanfaat.(eko/berbagai sumber)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: