ekorudiyanto

November 24, 2009

Kiat-kiat Jitu Menunda Penuaan Dini

Filed under: Kesehatan — Eko Rudiyanto @ 7:13 am

Proses penuaan disebabkan oleh reaksi oksidasi, yaitu proses pemecahan sel-sel dan jaringan tubuh yang melibatkan oksigen. Tetapi Anda bisa memerangi proses tersebut dengan mengadopsi gaya hidup sehat karena dengan demikian Anda :
• Membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk berperang melawan penyakit
• Mencegah atau memperlambat perubahan-perubahan degeneratif
• Membangun kembali jaringan yang rusak dan memperbaiki fungsinya

Apa saja peyebab penuaan ?

Proses penuaan memang tidak dapat Anda hindari, namun Anda masih bisa menundanya. Dan sebaiknya Anda perlu mengenali faktor-faktor penyebab penuaan, antara lain :
• Obesitas, yang dapat memicu masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung, diabetes, dan lain-lain
• Gaya hidup yang tidak sehat yang jarang melakukan aktifitas. Hal ini dapat memperlemah fungsi jantung dan paru-paru, meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol
• Diet yang buruk. Karena pilihan makanan cukup berperan dalam proses penuaan. Sebaiknya pilihan makanan Anda pada makanan rendah kalori
• Hereditas, yaitu banyak penyakit-penyakit kronik seperti kanker, hipertensi, dan diabetes bersifat herediter. Lagipula penyakit ini sering menimbulkan stress baik mental maupun fisik sehingga memicu penuaan dini
• Merokok. Rokok mengandung banyak komponen kimia yang dapat merusak kulit dengan cara mengurangi kemampuan tubuh membentuk kolagen (komponen utama kulit), mengurangi sirkulasi darah sehingga mengurangi aliran darah ke kulit, dan menurunkan kadar estrogen yang menyebabkan kulit kering serta mengganggu kemampuan kulit untuk melindungi dirinya sendiri dari radikal bebas
• Polusi udara, dan UV dari sinar matahari dapat mempercepat kerusakan kulit

Bagaimana cara menunda penuaan ?

Ada beberapa cara untuk menunda penuaan dini antara lain :
• Tidak merokok, karena setiap isapan rokok dapat memperburuk proses degeneratif, ditambah lagi merokok juga menurunkan kapasitas aerobic yang menyulitkan Anda untuk merasa nikmat dan membuat Anda merasa tua sebelum waktunya
• Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan. Vitamin A, C dan E dapat meredam pembentukan radikal bebas. Agar kebutuhan vitamin tersebut terpenuhi Anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran berwarna lainnya
• Mengkonsumsi banyak serat. Serat bayak terkandung di dalam kacang-kacangan, brokoli, dan karbohidrat. Serat juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu proses pencernaan
• Mempertahankan kadar kolesterol yang seimbang
• Berolahraga secara teratur. Lakukan olahraga berkapasitas sedang selama 30 menit selama 3-4 minggu
• Tidur atau istirahat yang cukup, karena bila Anda kurang tidur, maka tugas system imunpun akan terganggu sehingga kesehatan Anda pun bisa terganggu pula

Makanan awet muda

Ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda awet muda, antara lain :
• Buah dan sayuran
• Ikan, dapat menyehatkan pembuluh darah arteri, yang dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, menurunnya memori dan penuaan organ-organ reproduktif dan pengerutan kulit
• Kacang, penuh dengan zat-zat gizi yang menguntungkan kesehatan, seperti ; protein, serat, seng, vitamin B dan antioksidan – vitamin E
• Susu rendah lemak, seperti susu dan yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang dapat memperkuat tulang.(eko/berbagai sumber)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: