ekorudiyanto

January 2, 2010

Kiat-kiat Menjadi Orang Sukses

Filed under: Tip and Trik — Eko Rudiyanto @ 5:01 pm

Apa sih kiat-kiat menjadi orang sukses itu ? Sejumlah kriteria pasti bermunculan. Ada yang menyebut modal besar, pendidikan yang memadai, mau berjuang, kerja keras dan sebagainya. Tapi, ada juga yang menyebut, modal dan pendidikan saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan.

Menurut sebuah penelitian, yang melibatkan 1.500 orang terkemuka yang tercantum dalam buku Who’s who in America, penelitian ini mencoba menggali sikap-sikap dan cirri-ciri mereka. Jadi, bukan diambil dari berdasar kekayaan dan status social. Melainkan prestasi yang dihasilkan dalam suatu bidang tertentu. Hasilnya, ada beberapa kiat-kiat terpenting.

Pertama akal sehat, yang diartikan kemampuan memberikan pertimbangan-pertimbangan logis dan praktis tentang berbagai urusan sehari-hari. Disini seseorang harus menyingkirkan ide-ide yang tidak ada hubungannya dengan persoalan, ditambah berusaha menangkap inti dari persoalan tersebut.

Kemampuan utama mencapai kesuksesan adalah dengan menyederhanakan persoalan. Caranya, dengan mengamati akal sehat orang lain, belajar dari kesalahan orang lain, dan kesalahan diri sendiri.

Kiat kedua, yang harus dimiliki adalah punya pengetahuan khusus di bidangnya. Perlu dicatat, sekali pengetahuan khusus diperoleh, bukan berarti proses belajar selesai. Akan tetapi terus berlanjut, bahkan sampai mencapai karir puncak. Jadi jangan hanya berhenti pada pendidikan formal saja, melainkan merambah pada pendidikan informal, maupun pengalaman pribadi.

Selain pengetahuan khusus, kiat ketiga adalah harus punya kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Kepercayaan diri bukan menyangkut perasaan atau bagaimana baiknya Anda. Melainkan apakah Anda punya inisiatif melakukan suatu tindakan pasti demi memperoleh sesuatu yang didambakan dalam hidup. Tentu, didalam harus ada kerja keras dan kamauan untuk mencapai tujuan tadi.

Kiat keempat, kecerdasan umum. Penelitian menyebutkan, kecerdasan umum paling penting mencapai prestasi luar biasa, mencakup kemampuan alamiah untuk memahami konsep-konsep yang sulit secara tepat, plus menganalisanya secara jelas.
Berdasarkan penelitian, kecerdasan umum para responden terdiri dari tiga unsur. Selain IQ, wawasan luas, kemampuan membaca dan menulis yang baik. Mereka umumnya membaca rata-rata 19 buku, termasuk karya non-fiksi.

Kiat terakhir, adalah kemampuan untuk mengerjakan segala sesuatu sampai selesai. Disamping kelima kiat tersebut, masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan yaitu : kepemimpinan, kreatifitas, hubungan dengan orang lain. Lainnya tentu saja keberuntungan.

Sumber : SUKSES Vol.XV/20 Juni – 20 Juli 2003

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: