ekorudiyanto

January 6, 2010

Facebook, Situs Web Jaringan Sosial

Filed under: Umum — Eko Rudiyanto @ 7:55 am

SEKILAS TENTANG FACEBOOK
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckenberg, seorang mahasiswa lulusan Harvard University. Berawal dari Mark dan rekannya yang ingin membuat suatu situs jejaring sosial mengikuti tren Friendster yang kala itu berkembang sangat pesat, namun agar mempunyai nilai lebih, maka Mark mengolah Facebook dengan berbagai fitur tambahan. Dan, sepertinya kelebihan fitur inilah yang membuat Facebook makin digemari. Berbagai aplikasi terbagi ke dalam berbagai kategori, mulai dari chat, game, pesan instant, sampai urusan politik dan berbagai hal lainnya. Hebatnya lagi, sifat keanggotaan situs ini sangat terbuka. Jadi, data yang dibuat tiap orang lebih jelas dibandingkan situs pertemanan lainnya.

FACEBOOK DI INDONESIA
Perkembangan Facebook di Indonesia sungguh luar biasa. Berbagai kalangan mulai memanfaatkan situs generasi web 2.0 ini untuk berbagai hal. Mulai dari ajang untuk mengkampanyekan diri (caleg), menjual jasa/service, bertukar pikiran dalam forum komunitas, menjalin pertemanan sampai ajang menjaga ‘nilai jual’ keartisan. Jika Anda dihadapkan kepada pertanyaan diatas, mula-mula Anda akan bertanya, apa itu Facebook? Mungkin mula-mula Anda tidak terlalu peduli, tapi setelah itu semakin banyak yang bertanya, akhirnya Andapun punya akun sendiri di Facebook. Setelah itu, hidup Anda tidak terlepas dari Facebook. Saat ini Facebook memang menjadi suatu trend yang sangat fenomenal. Semua orang membuat Facebook sendiri, mulai dari anak ABG, Mahasiswa, Karyawan, Direktur, Owner Perusahaan, sampai Artis. Semua orang berbondong-bondong mendaftarkan diri pada satu web yang mungkin menjadi web terbanyak dibuka secara serentak disemua computer di Indonesia saat ini maupun di dunia yaitu WWW.facebook.com.

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE
Saat ini Facebook tidak sekedar sebagai media networking dan berbisnis. Kini para calon legislative pun tak segan-segan untuk mengucurkan dana kampannye untuk berpromosi di Facebook. Presiden SBY pun telah memiliki page di Facebook untuk menangkap trend web 2.0 dan mensosialisasikan duiri di era kemajuan teknologi informasi ini. Di Amerika keberhasilan Barack Obama memanfaatkan jaringan social di Facebook saat kampannye pemilihan presiden Amerika Serikat tahun lalu menunjukan, Facebook tidak hanya bisa untuk mencari teman-teman lama dan reuni. Facebook ternyata juga efektif untuk kepentingan yang lebih serius. Di dunia politik, Obama kemudianmenginspirasi banyak politikus lain untuk memanfaatkan jejaring social di Facebook guna menggalangdukungan.

Sumber: BISNIS GLOBAL – JUNI 2009

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: