ekorudiyanto

March 2, 2010

Malicious Code dan Program Removal

Filed under: Informasi Komputer — Eko Rudiyanto @ 4:15 pm

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi khususnya di bidang teknologi computer dan jaringan, keamanan menjadi isu yang kerap kali dibahas, mulai dari ancaman langsung para cracker atau hacker jahat hingga ancaman yang dilakukan melalui suatu program yang disebut malcode (malicious code ), yaitu suatu program atau script apapun yang bersifat merusak atau merugikan dapat dikategorikan sebagai malcode termasuk virus computer, worm atau trojan horse.

Maraknya penyebaran virus, worm atau Trojan horse, ternyata semakin memberikan semangat bagi para pembuat worm local untuk terus berkarya. Di Indonesia sendiri worm local mulai menunjukan aktifitas yang cukup signifikan di awal millennium, pada tahun 2003 pengguna komputer di Indonesia disibukan oleh sebuah worm local yang diperkirakan berhasil menginfeksi ribuan komputer di Indonesia.

Motif yang digunakan dalam penyebaran worm kian meningkat dan beragam mulai dari hanya sekedar pamer, sampai dengan pengerusakan dan pencurian data. Media penyebaran pun semakin canggih mulai dari disket, USB flash disk sampai dengan jaringan termasuk internet. Namun satu hal yang pasti, penyebaran worm tersebut telah membawa dampak yang cukup besar bagi para pengguna computer baik materiil maupun non materiil.

Dengan semakin berkembangnya worm lokal di Indonesia, beberapa programmer yang umumnya adalah mahasiswa juga ikut berpartisipasi dalam memberantas perkembangan worm tersebut yaitu dengan mengembangkan program removal, yaitu suatu program yang dirancang untuk membersihkan suatu malcode tertentu dan umumnya juga mengembalikan perubahan yang disebabkan oleh malcode tersebut.

Program removal atau biasa disebut dengan istilah antivirus, biasanya menangani beberapa jenis malcode dan juga worm, Trojan horse, spywaredan malicious tool lainnya. Program anti virus itu antara lain :

1. aVast! AntiVirus
2. AVG Anti – Virus
3. BitDefender AntiVirus
4. F-Secure AntiVirus
5. McAfee VirusScan
6. Norman Virus Control
7. Norton AntiVirus
8. Panda AntiVirus
9. Symantec AntiVirus
10. Trend Micro PC Cillin

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.