ekorudiyanto

March 2, 2010

Mencegah Timbulnya Suatu Virus, Worm atau Malcode

Filed under: Informasi Komputer — Eko Rudiyanto @ 4:18 pm

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah suatu ungkapan popular sepanjang zaman ini yang mengingatkan kita agar selalu waspada terhadap segala bentuk kerugian yang mungkin akan datang tanpa kita sadari. Demikian pula dengan data atau informasi yang tersimpan pada suatu computer, tidak ada satupun metode yang secara total bisa melindungi computer atau data yang terkandung di dalamnya.

Kerugian tersebut bisa saja datang dari kesalahan pemakai, kegagalan software atau hardware, force majore, atau datang dari pihak ketiga baik berupa malcode maupun serangan langsung para cracker atau hacker jahat.

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa worm juga dapat mengakibatkan kerugian serupa, terlebih jika suatu worm meng-overwrite file-file dokumen penting atau menghapus file-file system yang akan berakibat rusaknya system operasi pada komputer yang terinfeksi. Berikut adalah cara-cara yang paling baik dalam mengurangi dan mencegah kemungkinan terjadinya kerugian tersebut :

• Backup yaitu pembuatan salinan untuk satu atau sekumpulan file atau dokumen yang dianggap penting secara rutin dan berkala. Adapun data backup tersebut disimpin pada lokasi yang berbeda dan berjauhan dari lokasi data sumber.
• Menginstal anti malcode seperti aplikasi antivirus versi terakhir, dan melakukan update definition file secara rutin dan teratur.
• Meng-update software terinstal termasuk system operasi secara rutin dan teratur, hal ini dapat memperbaiki bug (kesalahan program) pada software tersebut, yang umumnya dimanfaatkan oleh malcode, cracker atau hacker jahat.
• Selalu waspada pada perilaku computer yang tidak normal, jika perlu Anda dapat menginstal aplikasi proteksi yang akan membatalkan segala bentuk perubahan, seperti aplikasi DeepFreeze atau ShadowUser/ShadowServer.

Akhir kata dengan kita mengetahui, mengerti dan menguasai sutu teknik-teknik dalam memerangi suatu virus, worm atau malcode lainnya maka diharapkan kita dapat untuk mencegah terjadinya kerugian-kerugian yang berdampak fatal bagi system computer. Semoga bermanfaat.

Sumber : Berbagai sumber.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: