ekorudiyanto

April 10, 2010

STRUKTUR REGISTRY

Filed under: Informasi Komputer — Eko Rudiyanto @ 6:59 am

Registry memiliki struktur hirarki yang mirip dengan struktur direktori pada aplikasi Windows Explorer. Masing-masing cabang utama disebut hive.
Hive berisi key(kunci) dan masing-masing key bisa berisi key-key yang lain (sub-key), dan key bisa berisikan value (nilai). Value memuat data informasi actual yang disimpan di dalam registry.
Ada tiga jenis data yang umumnya digunakan yaitu;String, Binary, dan DWORD. Penggunaan masing-masing data ini tergantung pada :

1. HIVE

Ada enam hive atau cabang utama pada registry, masing-masing berisi suatu porsi spesifik menyangkut informasi yang disimpan di dalam registry tersebut. Adapun hive-hive tersebut adalah sebagai berikut :

• HKEY_CLASSES_ROOT: hive ini berisi semua informasi tentang file asosiasi untuk mendukung fitur drag and drop, informasiOLE, windows shortcuts, dan aspek inti pada tampilan windows.
• HKEY_CURRENT_USER: hive ini merujuk pada bagian HKEY_USERS, sesuai dengan user yang sdang aktif dan berisi informasi seperti nama logon, pengaturan desktop, dan pengaturan Startmenu.
• HKEY_LOCAL_MACHINE: hive ini berisi informasi spesifik computer tentang jenis hardware, software, dan pilihan-pilihan yang berkaitan dengan computer tersebut, dan informasi ini digunakan untuk semua user pada computer itu.
• HKEY_USERS: hive ini berisi pilihan individu untuk masing-masing user yang menggunakan computer, masing-masing user diwakili oleh suatu Sid sub-key yang ditempatkan di bawah cabang utama.
• HKEY_CURRENT_CONFIG: hive ini merujuk pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE, sesuai dengan konfigurasi hardware yang berlaku saat itu.
• HKEY_DYN_DATA: hive ini merujuk suatu bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk digunakan dengan fitur plug and play pada windows, bagian ini bersifat dinamis da akan berubah ketika suatu alat ditambahkan atau dipindahkan dari system.

2. VALUE

Masing-masing value disimpan dengan beberapa jenis data, yang paling sering digunakan adalah :

• REG_BINARY: jenis ini menyimpan nilai sebagai data biner. Kebanyakan informasi komponen perangkat keras disimpan sebagai data biner, dan dapat dilihat pada sebuah editor dalam format hexadecimal.
• REG_DWORD: jenis ini mewakili data dengan empat byte nomor; dan biasanya digunakan untuk nilai-nilai Boolean, seperti “0” berarti disabled dan”1” berarti enabled.
• REG_SZ: jenis ini adalah suatu string standar, yang digunakan untuk mewakili value yang bisa dibaca manusia. (eko/berbagai sumber).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: