ekorudiyanto

April 17, 2010

Apa itu Trojan Horse ?

Filed under: Informasi Komputer — Eko Rudiyanto @ 7:29 pm

Istilah Trojan Horse (Kuda Troya) berasal dari mitologi Yunani pada saat perang Troya. Dalam peperangan tersebut, pasukan Yunani melawan pasukan kerajaan Troya. Pasukan Yunani telah mengepung kota Troya selama sepuluh tahun. Namun, karena pasukan kerajaan Troya cukup tangguh, maka pasukan Yunani sulit mengalahkannya. Akhirnya, pasukan Yunani membuat strategi dengan membuat sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu. Kuda ini cukup unik, di dalamnya berongga sehingga dapat diisi pasukan Yunani. Pasukan Yunani berpura-pura mundur dan sambil memberikan hadiah kuda kayu raksasa tersebut. Dengan bantuan seorang spionase Yunani bernama Sinon, penduduk kota Troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda kayu raksasa itu dan memasukannya ke dalam kuda kayu keluar, kemudian membuka gerbang dan kota Troya diserang. Dengan cara tersebut, kota Troya dapat dikuasai oleh Yunani.

Kisah epic di atas telah mengilhami para Hacker untuk menciptakan “penyusup” ke computer orang lain yang disebut dengan Trojan Horse. Trojan pada saat ini berkaitan dengan masalah keamanan computer yang cukup serius. Trojan dapat masuk ke computer melalui beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang dapat dipercaya di Internet atau dari orang lain. Seperti halnya virus, jumlah Trojan semakin lama semakin bertambah banyak. Hal ini dikarenakan hacker atau pembuat program Trojan (programmer) selalu bereksperimen untuk mengembangkannya.
Salah satu indikasi computer yang terinfeksi oleh Trojan dapat di gambarkan sebagai berikut: Pada saat computer terhubung dengan Internet, misalnya saat mengobrol (Chatting) atau memeriksa e-mail, harddisk bekerja dengan sibuk (busy) dalam waktu yang lama. Padahal, kita tidak sedang menjalankan program aplikasi besar atau men-download sesuatu yang mengharuskan piringan harddisk berputar cukup lama. Kejadian tersebut termasuk kejadian aneh yang patut dicurigai adanya penyusupan oleh Trojan. (eko/berbagai sumber).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: