ekorudiyanto

November 21, 2010

INDONESIA Negara Gempa ?

Filed under: Umum — Eko Rudiyanto @ 1:38 am

Berita tentang berbagai gempa yang marak melanda Negara kita Indonesia akhir-akhir ini nyaris membuat kita ‘terbiasa.’ Dari sabang sampai merauke nyaris tak ada daerah yang luput dari goncangan gempa berkekuatan cukup besar, dan memakan jumlah korban yang tak sedikit.

Indonesia sedang musim bencana? Sesungguhnya gempa bukanlah barang baru bagi negeri ini. Sejarah mencatat bahwa sejak abad ke-18 terjadi gempa besar di Pulau Sumatera. Dan kenyataannya, nyaris setiap tahun terjadi gempa di Indonesia. Secara geologis, Indonesia memang beresiko tinggi mengalami gempa tektonik, vulkanik, maupun Tsunami, karena Indonesia terletak diantara tiga lempeng aktif yang terus berinteraksi dan bergerak dengan kecepatan tujuh millimeter per tahun, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Sehingga sebagian besar dari wilayah Indonesia berada pada kawasan gempa.

Karena itu, pengetahuan mengenai bencana ini wajib dimiliki, terutama mengenai cara berlindung dan menyelamatkan diri saat terjadi gempa. Hendaknya sekolah-sekolah dan berbagai organisasi kemasyarakatan mulai melakukan simulasi gempa dan juga memberikan pelatihan antisipasi bencana kepada masyarakat.

Sumber : Reader’s Digest Indonesia September 2006

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: